COOKING METHOD

Banyak sekali Metode Memasak, merebus, menggoreng, menumis dan masih banyak lagi!, pelajari disini!

Apa itu Cooking Method?

Cooking Method apa sihh??

By Randy

Selamat datang dan selamat bergabung, Cooking Method, yaps! dalam bahasa indonesia Cooking method artinya adalah metode memasak. loh jadi kita harus belajar tentang metode memasak? Jelas perlu ini itu adalah basic kamu bisa berdiri di kitchen!, jadi apa itu metode Memasak? Metode memasak adalah cara atau langkah memasak suatu hidangan makanan sesuai dengan bahan mentah atau semi jadi agar masakan bisa di hidangkan/ disajikan

2 Bagian Besar Metode Memasak

moist heat of cooking? dry heat of cooking?

By Randy

Kali ini dipelajaran kedua kita akan berkenalan dengan 2 jenis metode memasak, yang pertama ada moist heat of cooking dan yang kedua ada dry heat of cooking, jadi mereka semua itu apa?


========== *** ==========

moist heat of cooking, bisa diartikan sebagai Panas basah, panas basah ini maksudnya adalah kita memasak menggunakan cairan (air) banyak sekali jenis jenisnya yang nanti kita jelaskan di materi materi selanjutnya,

Dry Heat of Cooking, yang kedua ini artinya adalah panas kering, panas kering sesuai dengan namanya, dia bertentangan dengan moist heat, dia tidak menggunakan air untuk memasaknya, sebagai gantinya dia menggunakan lemak untuk memasak, biasanya kegunaannya seperti menumis dan menggoreng yang akan kita jelaskan juga di materi lain.

Moist Head Cooking Method

By Fadhel

Moist Head Cooking Method itu sendiri meliputi :

Poaching

Poaching adalah teknik memasak dengan api sedang dan perlahan-lahan. Masakan yang terkenal menggunakan teknik ini adalah poached egg.

Simmering

Simmering adalah memasak makanan dengan api kecil. Biasanya tingkat kematangan dengan teknik ini lebih sempurna. Biasa digunakan untuk memasak sayuran, bakso, atau sayur bersantan.

Boiling

Ini pasti semua pada tahu ya? Iya. Merebus. Ini teknik paling sederhana yang biasa kita lakukan.

Braising

Braising itu cara memasak masakan yang awalnya dimasak dengan membuat caramelization dengan teknik pan seared (memasak di wajan datar dengan panas tinggi) sebentar saja, lalu dilanjutkan dengan memasaknya dengan memasukkannya ke dalam oven atau di masak di dalam wadah tertutup (panci/pot) dengan disertai sedikit cairan/kuah/kaldu.

Stewing

Stewing adalah memasak secara perlahan dengan bahan makanan yang telah dipotong – potong menjadi potongan yang lebih kecil seperti daging, ayam dengan menggunakan air yang tidak terlalu banyak atau hampir sama dengan jumlah bahan, waktu yang diperlukan juga lama.

Pot Roasting

adalah proses roasting dimana bahan makanan yang akan diolah ditempatkan dalam wadah kemudian baru dimasak dalam oven.

Steaming

Ini juga pastinya sudah pada tahu. Yes! Steaming adalah mengukus alias memasak dengan dua bagian: panci di bawah berisi air mendidih, di atasnya ada dandang berisi bahan yang mau dikukus.

Papillote

adalah metode penyegelan protein dan mineral dalam kertas perkamen, biasanya diterapkan saat memanggang dengan oven.

Dry Heat Cooking

By Fadhel

Nah setelah tadi kita mempelajari tentang berbagai macam teknik dalam Moist Heat Cooking, mari kita lanjutkan dengan Dry Heat Cooking. Dalam Dry Heat Cooking itu sendiri meliputi :

Pan Frying

Pan frying adalah teknik memasak dengan cara menggoreng bahan makanan dengan menggunakan sedikit minyak hanya untuk melumasi wajan.

Searing

Searing adalah teknik memasak dengan suhu tinggi menggunakan wajan datar atau bergerigi di
atas kompor untuk membentuk kerak karamel di bagian luar dari daging, unggas atau ikan.

Roasting

Roasting berarti memasak bahan makanan dengan keadaan sekitar bahan makanan tersebut dalam keadaan panas, kering, biasanya menggunakan equipment oven.

Sauteing

Sauté adalah teknik memasak dengan cara menumis sebentar menggunakan minyak yang sedikit dengan suhu tinggi, biasanya dalam wajan di atas kompor.

Stir Frying

Stir frying sedikit mirip sauteing karena menggunakan suhu tinggi, namun minyaknya agak lebih banyak.

Shallow Frying

Shallow frying menggunakan minyak yang tingginya hanya sepertiga atau setengah makanan. Teknik ini biasa digunakan untuk menggoreng daging, ikan, perkedel, dan beberapa jenis gorengan lain secara rumahan.

Deep Frying

Deep frying adalah teknik memasak dengan menggoreng menggunakan minyak yang banyak dan makanan terendam seluruhnya dalam minyak panas. Hasilnya adalah renyah, kecokelatan di luarnya dan dalamnya sepenuhnya matang.

Grilling

Metode memasak grilling secara umum sudah kita kenal untuk membuat sate. Pada dasarnya grilling adalah memasak dengan panas langsung dengan api di bawah bahan masakan; bahan masakan diletakkan kira-kira 10 cm dari api.

Broiling

Broil adalah memasak bahan makanan menggunakan suhu yang tinggi dengan cepat. Metode ini biasanya digunakan untuk memasak bagian daging yang empuk, unggas, ikan dan beberapa jenis sayuran.

Baking

Bake atau baking mempunyai arti yang sama, memasak bahan makanan dengan keadaan sekitar bahan makanan tersebut dalam keadaan panas, kering dan biasanya menggunakan oven.