Tentang Ayoboga

Mari mengenal Ayoboga lebih jauh!

Banyak sekali latar belakang kenapa Ayoboga dibuat. Mulai dari latar belakang sayanya sendiri sampe keresahan nya juga. Jadi mungkin saya ceritain dari awal. Selamat Membaca :) Dimulai dari Latar belakang saya, mungkin bisa ditebak juga, dulu saya adalah siswa SMK Pariwisata, jadi engga aneh juga ngebuat ayoboga sekarang. 3 Tahun belajar Jasa Boga dan sempat melakukan PKL langsung ke Hotel bintang 5. Orang orang mungkin berbangga bisa melakukan PKL seperti itu di hotel berbintang, dan saya pun merasakannya. Banyak hal yang didapat. Disana pun saya banyak mencatat dan lain lainnya.

Kedua adalah keresahan saya, ada beberapa keresahan saya ketika dulu, pertama ternyata pembelajaran tataboga yang kumplit atau detail itu jarang di Indonesia, kedua banyak teman teman saya (yang diluar Tataboga), menanyakan tentang belajar tataboga. Karena cukup banyak, kenapa engga saya ngebuat tempat untuk menampung semua itu? Yang pada akhirnya tercetus ide Ayoboga, tapi belum terbesit menggunakan platform apa ketika itu. dan dulu namanya belum ayoboga, cuma "Belajar Masak". Berhubung saya hobi dengan IT dari kecil, kenapa engga saya menghubungkan apa yang saya hobby kan dan ilmu saya tentang jasa boga.

Dan akhirnya melenceng lah sudah setelah lulus dari sekolah Pariwisata. Saya masuk jurusan Komputer di Perkuliahan. Engga cari kampus mahal atau terkenal, yang biasa saja udah cukup. Karena faktor utama keberhasilan kita bukan dari almamater Kampus, tapi diri kita sendiri. Semester berlanjut sampai Semester 3. Disini lah saya mulai fokus mewudjudkan mimpi membangun ayoboga. Dan sampailah rilis pertama dengan berbasis web, Tepatnya 8 Oktober 2019. Syukurnya orang orang sekeliling saya bisa menerima baik.

Di Versi pertama dari segi teknologi yang digunakan sangat lambat dan berat meload data. Karena ketika itu pure menggunakan PHP Native, ya mungkin sudah sewajarnya seperti itu. Tapi ketika itu saya merasa cukup. Dan teman kampus saya, bernama Fadhel dan Pretty membantu saya memasukan materi di ayoboga, saya sangat berterimakasih kepada mereka. Kedepannya ayoboga akan terus dikembangkan, engga pernah berhenti. Itu yang saya harapkan.

Randy Ramadhan

Founder Ayoboga | Programmer | Penulis
Kunjungi Blog Pribadi saya disini!